Sabtu, 16 Februari 2013

ANTISIPASI BURUNG KACER MBAGONG KUDA LAUT KARENA OVER BIRAHI

Permasalahan yang sering terjadi bila burung kacer over birahi adalah mbagong/kuda laut, berikut merupakan tips yang bisa anda pergunakan untuk mengantisipasi sifat mbagong muncul akibat over birahi.

Tips 1 yaitu :
Mandikan burung kacer dengan menggunakan air dingin.

Sediakan air dingin yang diperoleh dari kulkas dan masukkan kedalam spraying, semprot burung dengan perlahan dan lembut, semprot hingga burung basah kuyup dan mulai terlihat kedinginan.
Setelah proses pemandian kondisikan burung pada lokasi yang sejuk, perlu diingat pada saat proses memandikan burung sesuaikan waktu dan cuaca, dalam hal ini waktu yang tepat antara jam 08.00-09.00 atau jam 15.00-16.00.

Tips ke 2 yaitu :
Pemberian Uthulan pada burung kacer.

Sediakan seekor burung kacer dan upaya usianya lebih muda dibanding dengan burung kacer yang sedang over birahi, sekarang posisikan kedua kandang sejajar dan ganggu burung yang kita jadikan unthulan agar bergerak terbang didalam kandang, maka jika burung kacer anda sedang overbirahi maka burung akan menunjukkan sikap ingin menerkam burung uthulan, biarkan selamat 5-10 menit proses berjalan dan perlu untuk sobat KC Mania ketahui tips seperti ini dapat merusak bulu pada bagian ekor karena pada saat burung menempel pada jeruji sangat ekor akan menabrak, tapi saya lebih menyarankan hal ini karena terbukti efektif dapat menurunkan birahi dan mampu mengasah mental tarung dari burung kacer tersebut.

Tips ke 3 yaitu :
Pengumbaran dan Penjemuran

Untuk para sobat KC Mania yang ingin menggunakan tips yang satu ini, sobat KC harus terlebih dahulu memiliki kandang umbaran donk!!!… latih kacer untuk terbang didalam kandang umbaran dan perhatikan juga kondisi burung jangan sampai ngedrop hanya karena banyak terbang kesana-kesini.

Tips ke 4 yaitu :
Kurangi pemberian Extra Fooding

Pangkas porsi jangkrik dari jumlah total keseluruhan pemberian selama sehari, sebagai contoh jika pemberian 7 ekor P/S bisa dikurangi menjadi 4 ekor P/S, hilangkan sementara kroto dan ulat hongkong sebagai menu tambahan, berikan ulat bumbung banyak 2 ekor untuk menurunkan birahi dari burung kacer tersebut.

Dalam hal ini anda harus cermat dalam memperhatikan perubahan yang dialami burung apabila extra fooding dikurangi.

Ok… Sobat KC mungkin hanya itu saja yang bisa saya berikan!, Hal yang terpenting dalam menjalankan tips treatment diatas adalah anda harus mengetahui tingkat birahi dari burung kacer anda!, pahami dan pastikan jangan sampai treatment diatas membuat burung kacer kesayangan anda menjadi tidak kondisi, drop, bahkan hingga sakit.

Selamat mencoba

Salam KC Mania
Abdi_KC

Sumaber Artikel : ANTISIPASI BURUNG KACER MBAGONG KUDA LAUT KARENA OVER BIRAHI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar